Resep dan Cara Membuat Cilok Gajih Lezat dan Nikmat

Loading...
kita tahu cilok adalah makanan ringan seperti bakso tusuk, biasa orang menjualnya di pinggir jalan dan yang menjual adalah para pedagang kaki lima. Cilok yang bentuknya bulat kenyal ini ternyata asal muasal nya ternyata dari jawa barat, sama dengan Resep Seblak Bandung yang khas Jawa Barat tepatnya di bandung. Sama dengan halnya seblak cilok sekarang juga menyebar luas kenusantara, apalagi sekarang kalau kita lihat di Sekolah-sekolah dekat rumah kita pasti ada pedagang cilok.


Bentukya yg bulat dan kenyal ini membuat orang banyak yang menyukai cilok. Selain murah jajanan ini enak juga di buat santapan di rumah bersama keluarga. Di daerah jawa tengah di magelang tepatnya cilok biasa di panggil dengan cilot, tapi yang menjadi ciri khasnya isinya adalah gajih, hmm nikmat sekali. Akan tetapi di beberapa daerah termasuk jogja dan solo kini mulai mengembangkan cilok dengan berbagai variasi ada cilok bakar, cilok berselimut telur, cilok goreng dan banyak lagi macamnya. Akan tetapi bagi kami cilok yang nikmat memang ada pada cilok gajih, isinya yang lembut bentuknya yang kenyal bikin ingin makan lagi dan lagi. Bahkan setiap Kami beli cilok,  kami mengambil gambarnya dengan kamera Xiomi Redmi Note 4, kebetelan sekalin mengetes kamera, hihi. Biar ada momen unik setiap beli cilok. Yuk simak langsung aja apa saja bahan-bahan dan gimana sih cara membuatnya.

Bahan-Bahan untuk Membuat Cilok Gajih : 
  • 500gr tepung kanji 
  • 250 gr tepung terigu 
  • Irisan daun bawang secukupnya
  • Gajih sapi
  • Air panas secukupnya dan di kira-kira saja
  • Boleh di tambah tepung tapioka
Baca juga Kuliner lainya: Resep Membuat Jengkol Balado pedas Kesukaan Zaskia Gothik
Step by step Cara Membuat Cilok Gajih : 
  1. Tepung terigu, garam, gula, merica dicampur dengan air panas sampai basahnya merata dan ingat jangan sampai terlalu cair.
  2. Setelah menunggu sampai agak dingin masukkan tepung kanji, daun bawang, lalu di adon atau di uleni.(Yang ingin menambahkan Tepung tapioka campurkan sekalian)
  3. Setelah tercampur sempurna atau biasa disebut kalis, siapkan air untuk merebus yang sudah diberi garam dan sedikit minyak.
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan, kemudian isikan gajih sapi kedalam setiap bulatan dan masukkan pada air yg mendidih. Jika telah mengapung dan berwarna mengkilat, angkat lalu tiriskan.
  5. Jika ingin menghangatkanya tinggal kita godog dengan penanak nasi. 
  6. Sajikan selagi hangat dan taburi saus pedas ataupun manis.
Cukup mudah untuk membuat cilok khas jawa barat ini. isi gajihnya yang terasa lembut saat di makan membuat cilok ini sangat nikmat untuk di cemil terus. Cobain dech buat di rumah, sapa tau bisa lebih enak dari pada cilok yang di jawa barat loh bakal bisa jadi bos cilok. hehe.. 

selamat mencoba ya..

Tips : Cilok sangat di gandrungi oleh kalangan anak-anak, maka dari itu buat lah cilok dengan bahan yang sehat, agar anak kita semua terlindungi dari penyakit.
Loading...

15 Responses to "Resep dan Cara Membuat Cilok Gajih Lezat dan Nikmat"

  1. pas gan udh beli tadi bahan bahannya

    ReplyDelete
  2. Wih mantep nih doi suka pengen ini tapi susah carinya hha izin coba

    ReplyDelete
  3. wah manteb nih mas, ijin praktek langsung

    ReplyDelete
  4. Gw suka banget ma cilok walaupun diejek terus

    ReplyDelete
  5. nih ortu ana punya perusahaan cilok, namanya cilok maenyos

    ReplyDelete
  6. ada resep cara membuat batagor ndak?

    ReplyDelete
  7. Coba ahhh caranya mudah-mudahan berhasil dan enak ciloknya :)

    ReplyDelete

Yuk Komen dan Berikan usulan biar web kami terus maju..

Salam memasak!!