Feat

Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Bumbu Kuning

hmm, ini nih bund yang gak kalah enak sama trending untuk besok lebara. Opor ayam sudah seperti menjadi makanan wajib untuk acara-acara sakral, saat lebaran opor ayam di makan dengan ketupat.  ataupun saat arisan opor ayam di makan dengan lontong. tapi sebenarnya semuanya sama, karena memang sama-sama enak kalau dinikmati dengan lontong dan ketupat, pakai nasi pun juga enak.

Oppo ayam eh salah mskdnya Opor Ayam hehe efek belum mandi nih, Ok jadi Opor Ayam di kenal dengan makanan yang mengandung banyak santan, jadi tinggi kolestrol. jadi hati-hatiya untuk yang berkolestrol tinggi agar makan tidak terlalu banyak opor ini. Memanglah enak Opor Ayam Bumbu Kuning ini. akan tetapi lebih mengedepankan kesehatan lebih baik. Tapi untuk yang rendah kolestrol bakal bisa melahap habis opor ini, soalnya memang karena kekentalan santan ini yang membalut ayam kampung ayang ada di dalam opor ayam ini membuat rasanya indonesia banget. Opor ayam memang sudah menjadi khas di indonesia bahkan gak kalah enak dengan masakan padang yang memang go internasional lebih dahulu. Yuk langsung kita simak aja resep dan cara membuat opor Ayam ini.


Bahan-Bahan Inti:

  1. Daging ayam 1 ekor saran agar memilih ayam yang gemuk dewasa dan pastinya ayam kampung biar lebih terasa opornya.
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus: 
  1. 8 Siung Bawang putih
  2. 6 siung bawang merah
  3. 4 cm kunyit
  4. 2 cm jahe
  5. 3 cm lengkuas
  6. 8 butir kemiri
  7. 1 sendok makan ketumbar
Bahan Bumbu Biar opor Wangi: 
  1. 2 batang serai
  2. 3 lembar daun jeruk
  3. 4 lembar daun salam
  4. Kurang lebih 1 sendok teh gula pasir
  5. kurang lebih satu sendok teh garam sesuai selera
  6. 2 gelas santan kental agar mendapatkan kenikmatan yang mantap gunakan santan kental dari kelapa segar 1 buah di peras sampai mendapatkan 2 gelas santan
  7. 2 gelas santan cair
Cara Membuat Opor Ayam Bumbu Kuning Cocok Untuk Lebaran: 
  1. Potong Daging ayam sesuai keinginan dan kemudian cuci, Lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam terus remas-remas dan diamkan selama 5 menit dan kemudian cuci lagi hingga bersih.
  2. Goreng daging ayam jangan terlalu matang atau setangah matang saja.
  3. Haluskan bumbu halus yang tadi kita sebut di atas seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, ketumbar, kemiri. Saran apabila menggunakan blender jangan di campur dengan garam agar cepat, ataupun di uleg juga lebih alami. 
  4. Siapkan Wajan dengan tuangkan sedikit minyak, panaskan bentar lalu tumis bumbu halus yang tadi kita haluskan. 
  5. Masukkan serai ke penggorengan begitu juga daun jeruk, daun salam dan aduk hingga aroma wanginya menyebar.
  6. Tuangkan santan yang cair ke wajan kemudian masukkan daging ayam, pastikan sesi ini api kecil mode ON dan tetap pantau kemudian api sedang dan tutup penggorengan agar bumbunya meresap lebih dalam. 
  7. kemudian tuangkan santan kental sambil aduk-aduk hingga mendidih. Warning: agar santan tidak pecah tetap pantau pengadukan sampai mendidih. 
  8. tambahkan Gula Pasir dan garam sesuai selera masing-masing, kalau di kira belum cukup tambahkan secukupnya penyedap rasa apapun yang rasa ayam. 
  9. setelah semua selesai Sajikan dan makan selagi hangat. 

gimana bund, emang agak susah-susah gimana gitu akan tetapi kalau kita coba dan kita coba kita akan terbiasa koq, Tapi yang penting kita bisa membahagiakan keluarga kita, sahabat, dan tetangga kita dengan masakan kita. yuk share terus ya bund resep ini biar lebih trending waktu lebaran. comment kalau ada yang kurang.

terima kasih banyak

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Bumbu Kuning"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel